twitterfacebookgoogleyoutubemail
PENAWARAN
butuh jasa pembuatan website? klik GarudaCode

Fitur WordPress Terbaru “Powell”, Sharing & Komunikatif

Fitur WordPress Terbaru “Powell”, Sharing & Komunikatif

Content Management System (CMS) kesayangan kita, WordPress kembali update besar ke versi 4.2. Versi WordPress terbaru ini diberi nama oleh tim WordPress dengan nama “Powell”.

Sebelumnya pada WordPress versi 4.1, Matt Mullenweg dan tim menamakannya dengan “Dinah”. Powel adalah seorang musisi legenda. Ia pianis beraliran Jazz yang lahir pada 27 September 1924 dan tutup usia pada 31 Juli 1966. Powel memiliki nama lengkap Earl Rudolph “Bud” Powell. Ia lahir dan besar di Harlem. New York, Amerika Serikat. (baca: Update! WordPress Dinah 4.1 Versi Terbaru)

WordPress Powell secara memiliki titik fokus pada komunikasi dan share yang terjadi antara blogger/ pengguna platform dengan netizen lainnya.

“An easier way to share content” begitu bunyi tagline WordPress 4.2 Powell.

Beberapa fitur menarik terdapat dalam WordPress terbaru Powell. Semua fitur menurut Saya terlihat keren, meski kita mungkin akan jarang menggunakanannya. Tapi semua fitur baru ini menurut Saya semakin memudahkan para user WordPress dalam mengelola admin dan postingannya.

Kelebihan dan Fitur WordPress Terbaru Powell

1. Update plugin lebih ‘lembut’ dan cepat

Ketika Anda update plugin menggunakan WordPress Powell ini, tidak akan ada lagi loading pada browser. Loading akan langsung terjadi pada fungsi javascript yang ada disetiap plugin yang akan diupdate. Jadi ketika Anda update plugin, tab browser Anda tidak akan melakukan reload lagi seperti pada WordPress versi sebelumnya. Matt bilang, selamat tinggal loading yang membosankan.

Fitur WordPress Terbaru Powell

2. Press This (Jadikan artikel menarik jadi bagian dari postingan Anda)

Mungkin Saya adalah satu dari sekian banyak orang yang tidak mengetahui fungsi “Press This” di WordPress. Nah, WordPress Powell fokus pada pengembangan fitur Press This sehingga Saya akhirnya mengetahui fungsi fitur yang satu ini. hehe …

Ada perubahan besar yang dilakukan WordPress Powell pada fitur Press This dibanding WordPress Dinah. Press This berfungsi dalam memudahkan semua pengguna WordPress melakukan share konten dari website lain yang menarik dan penting menurutnya. Konten menarik tersebut akan menjadi postingan website si pengguna WordPress dengan menggunakan fitur Press This ini tanpa harus copy paste artikel. Tapi tenang saja, fitur Press This tidak melanggar hak cipta karena sumber artikel akan dicantumkan dalam postingan yang kita Press This (clip).

[caption id="attachment_373" align="aligncenter" width="996"]Fitur WordPress Terbaru Powell Press This pada WordPress Dinah[/caption] [caption id="attachment_374" align="aligncenter" width="584"]Fitur WordPress Terbaru Powell Press This pada WordPress Powell[/caption]

Cara Menggunakan fitur Press This WordPress Terbaru

1. Dashboard > Tools > Available Tools;

2. Seret gambar “Press This” ke bagian Bookmark browser Anda;

3. Atau bisa langsung klik “Open Press This“;

4. Silahkan klik postingan yang ingin di press (postingan dari situs manapun di dunia ini), setelah itu Anda tinggal klik “Press This” yang telah ada diseret ke bagian Bookmark pada langkah 2;

5. Silahkan lakukan konfigurasi pada postingan singkat yang Anda miliki. Setelah selesai, Anda bisa langsung publish, preview, atau save draft;

6. Fitur “Press This” berfungsi lebih menyingkat sebuah postingan dan memberikan link tulisan asalnya sebagai sumber pada tulisan yang telah kita publish sebagai postingan website kita.

[caption id="attachment_378" align="aligncenter" width="931"]Fitur WordPress Terbaru Powell Contoh hasil Press This sebuah video Youtube yang menarik bagi Saya dan ingin Saya posting di website Saya. Tinggal klik Press This pada bookmark browser dan setelah selesai mengedit judul dan konten, silahkan klik Publish. Done![/caption]

Fitur Press This sebenarnya berfungsi untuk melakukan bookmarking sebuah postingan dari website manapun.
Fitur Press This melakukan fungsi repost dari website orang lain ke website kita sendiri. WordPress Powell menguatkan fitur ini sebagai usaha memperbanyak sharing sebuah postingan website di internet.

Postingan yang menurut Anda menarik, silahkan di Press This dan jadikan postingan tersebut jadi bagian dari website Anda. Setelah itu Anda juga bisa langsung melakukan sharing artikel yang telah di Press This tersebut melalui social media (jangan lupa pasang plugin sharing social media button ya :D), sehingga orang yang membaca artikel tersebut akan semakin banyak.

“Press This” juga bisa dilakukan pada video Youtube, Twitter, gambar di Instagram.

3. Melakukan Embed tanpa Embed Code (Youtube)

WordPress Powell membuat fitur yang sangat memudahkan penggunanya, bahkan yang sangat awam sama sekali. Para blogger pemula tentu bingung cara ngepost video youtube di dalam postingan WordPress.

Saat ini kita tidak perlu lagi melakukan keribetan embed video dengan copy paste kode embed yang terdapat di youtube ke bagian text editor WordPress kita. Itu pun jika ingin melakukan embed kode video youtube, harus melakukannya di tab text, bukan di tab visual tempat biasa kita menulis.

WordPress Powell menghilangkan cara-cara kuno embed video;

WordPress Powell menghilangkan cara-cara kuno embed video tersebut. Saat ini, Anda tinggal lakukan copy URL video dari link mana saja yang Anda kehendaki, dan langsung paste di tab visual text editor WordPress Powell, maka dia akan secara otomatis membaca dan menampilkan hasil embed berupa video, post, foto, atau apa saja, tanpa memasukkan kode embed sama sekali. Mudah bukan, terutama untuk para pemula!

Selain youtube, Anda juga bisa melakukan copy paste url dari situs sosial media lain seperti twitter, tumblr post, dll.

Caranya embed tanpa code:

1. Dashboard > Posts > Add New;

2. Silahkan copy URL yang ingin Anda embed dari youtube, twitter, atau yang lain;

[caption id="attachment_379" align="aligncenter" width="891"]Fitur WordPress Terbaru Powell copy URL video yang ingin diposting di website Anda[/caption]

3. Pastekan di text editor (cukup di tab visual);

[caption id="attachment_380" align="aligncenter" width="1336"]Fitur WordPress Terbaru Powell Pastekan URL di text editor, cukup di tab visual, dan lanjutkan membuat konten, terakhir publish[/caption]

4. Selesai, video akan tampil otomatis.

[caption id="attachment_385" align="aligncenter" width="853"]Fitur WordPress Terbaru Powell Hasil embed tanpa code, text editor WordPress langsung membaca hasil copy paste URL youtube sebagai sebuah video[/caption]

4. Ganti Themes Lewat Menu Customizer

Sekarang kita bisa melakukan pergantian tema lewat menu Customize yang terdapat di Dashboard > Appearance > Customize.

Caranya:

1. Dashboard > Appearance > Customize;

2. Themes bisa dipreview dan langsung Save & Publish sehingga themes website Anda akan langsung berubah tanpa harus ke menu Themes di bagian Appearance.

Itulah fitur-fitur terkini WordPress terbaru Powell yang dirilis kemarin, 23 April 2015. Buat rekan-rekan, segera update WordPressnya ya biar tetap aman, secure, dan kita lebih nyaman dengan segala kemudahan yang disediakan CMS WordPress.

Jika rekan-rekan memiliki informasi kelebihan lain seputar WordPress terbaru Powell, silahkan share di kolom komentar :D

dishare yah :)
Written by Ananda Puja

Penulis saat ini aktif dalam dunia Digital Media. Meliputi pembuatan website, campaign melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga forum-forum online, SEO dan kontrol terhadap berita media massa. Selain itu penulis juga aktif di organisasi kemahasiswaan dan pemuda.

Leave A Reply