twitterfacebookgoogleyoutubemail
PENAWARAN
butuh jasa pembuatan website? klik GarudaCode

Cara Menghapus Komentar Spam di WordPress Langsung Dari Database phpMyAdmin cPanel

Cara Menghapus Komentar Spam di WordPress Langsung Dari Database phpMyAdmin cPanel

Selamat gini hari rekan-rekan

Malam ini sedang senggang, jadi bisa membuat catatan berikut. Beberapa waktu lalu Saya menulis tentang cara “Mengatasi Komentar Spam di WordPress Dengan Akismet“. Cara tersebut merupakan langkah preventif untuk mencegah komentar spam masuk ke artikel-artikel kita, dan jika ada komentar spam, plugin tersebut akan langsung memasukkannya ke bagian spam comments di dashboard Anda.

Artikel ini akan membahas cara menghapus komentar spam di Wordpress langsung dari database melalui cPanel PhpMyAdmin. Mengapa langsung menghapus spam komen dari database?

1. Kondisi ini dibutuhkan ketika Anda tidak memasang plugin anti komentar spam apapun sehingga semua komentar spam yang masuk terdekesi sebagai komentar normal di artikel, padahal komen tersebut merupakan serbuan mesin bot spamming.

2. Komentar spam Anda sudah sangat membludak. Jangan salah, Saya pernah menemukan komentar spam hingga puluhan ribu di salah satu website teman Saya. Capek kan jika harus menghapus satu per satu, apalagi di dashboard WordPress tidak terdapat cara langsung menghapus komen spam tersebut secara permanen, kecuali harus dimasukkan dulu ke kolom Trash atau Spam, baru bisa dihapus permanen, itupun hanya dibatas 20 komentar spam per satu kali menghapus.

3. Komentar spam yang menumpuk akan memperberat database Anda dan tentunya termasuk juga loading website. Database teman Saya yang tadi malah ukuran sql databasenya mencapai lebih dari 25 MB. Kebayangkan betapa repotnya. So, mari hapus semua spam yang ada di website Anda.

4. Cara ini bisa menghapus komentar spam dengan super cepat, hehe. Jika Anda paksakan menghapus komen spam melalui dashboard, silahkan nikmati jari yang pegal mencet-mencet mouse.

Berikut cara menghapus komentar spam di Wordpress langsung dari database melalui cPanel phpMyAdmin

1. Login ke akun cPanel web hosting Anda;

2. Langsung akses phpMyAdmin;

Cara Menghapus Komentar Spam di Wordpress 1

3. Pilih nama database website Anda di sisi kolom sebelah kiri. Dalam gambar adalah nama database Saya, database WordPress Anda tentu memiliki nama sendiri yang Anda tentukan ketika awal melakukan instalasi CMS;

Cara Menghapus Komentar Spam di Wordpress 2

4. Pilih tabel _comments;

Cara Menghapus Komentar Spam di Wordpress 3

5. Anda akan dihadapkan dengan semua komentar di website Anda. Ada komentar yang memang real komentar dari pengunjung. Berdasarkan persetujuan maka ada yang bertipe Pending, Approve, Spam, Trash. Nah tujuan kita adalah semua komentar dengan tipe Spam dan Trash;

6. Silahkan klik Search, maka akan tampil data kolom tabel comments tersebut;

Cara Menghapus Komentar Spam di Wordpress 4

7. Scroll ke bawah dan cari COMMENT_APPROVED dan kemudian isikan dikolom tersebut dengan kata SPAM (lihat contoh gambar);

Cara Menghapus Komentar Spam di Wordpress 5

8. Silahkan klik GO pada bagian kanan bawah;

9. Anda sudah masuk ke semua isi tabel dengan tipe SPAM, silahkan CHECK ALL pada bagian paling bawah dari fill kolom tabel, dan langsung klik DELETE.

Cara Menghapus Komentar Spam di Wordpress 6

10. Akan ada pertanyaan persetujuan, silahkan langsung klik YES.

Cara Menghapus Komentar Spam di Wordpress 7

11. DONE, Silahkan cek langsung ke Dashboard WordPress Anda bagian menu Comments, pasti kolom Spam sudah tidak ada komen-komen sampah lagi. Setelah komentar spam bersih, silahkan cegah masuknya komentar spam secara membabi buta dengan plugin-plugin anti spam, minimal aktifkanlah plugin Akismet Anda.

Catatan, jika komentar spam Anda banyak, silahkan Anda cari tahu dulu di dashboard WordPress Anda bagian Comments untuk mengetahui jumlah komentar spam yang ada di website. Setelah mengetahui jumlah tersebut, langsung saja atur di database tadi jumlah baris fill nya ke jumlah spam Anda, jadi ketika menghapus Anda tinggal check all dan delete sekaligus kesemuanya.

Tetap lakukan backup rutin dan berkala sebelum bermain-main di database yah rekan-rekan, untuk langkah antisipasi dan jaga-jaga saja, kan kita harus sedia payung sebelum hujan. :D, jika artikel ini bermanfaat silahkan dishare.

dishare yah :)
Written by Ananda Puja

Penulis saat ini aktif dalam dunia Digital Media. Meliputi pembuatan website, campaign melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga forum-forum online, SEO dan kontrol terhadap berita media massa. Selain itu penulis juga aktif di organisasi kemahasiswaan dan pemuda.

19 Comments

  1. Bejajo · August 29, 2015

    Makasih tutorialnya gan, tp ada jg cara gampangnya yaitu pake plugin Delete All Comment.

    Buat yg gmw ribet aja 🙂

  2. desy · September 10, 2015

    makasih tutorialnya membantu banget karena ga usah repot ngapusin satu2 comment khususnya yang didominasi comment yang sifatnya SPAM 🙂

  3. Farmasi sengwan · November 12, 2015

    makasih bos atas tutorial nya.
    sukses selalu

  4. Andri Sulistyo · December 26, 2016

    Terima kasih tutorialnya. terbukti ampuh menghilangkan spam 🙂
    mampir juga ya http://www.foxgraphic.net

  5. SOPONYONO · March 29, 2017

    mau tanya bos , cara mengatur komentar agar orang lain komentar di wordpress kita harus melalui persetujuan dari kita dulu itu gimana ya bos? maksudnya biar gak nyepam gitu

  6. SN Benowo · May 27, 2017

    tutorialnya sangat membantu sekali sob, terima kasih

  7. Samurai · June 4, 2017

    Alhamdulillah nemu juga , web saya dr 2016 ga bisa di buka. Tapi hosting tetap saya bayar karena menggunakan CC, nah minggu ini sdh saya aktifkan lagi melalui hostingnya. Ga saya duga 30.000 coment yang blm di aprove sama 1000 spam coment. Sempat bingung juga si visitor anjlok. Hapus satu2 capek. Tanks gan saya berhasil menghapus via cpanel.

  8. Eko Sulistioni · February 23, 2018

    saya pake delete all comment gan. cari plugin di wp nya…

  9. Diarytips · June 13, 2018

    Wah keren nih gan, tapi saya sangat hati hati kalau obrak abrik database, karna kalau tidak teliti bisa jadi database kita akan error dan website tidak akan bisa diakses.

Leave A Reply