twitterfacebookgoogleyoutubemail
PENAWARAN
butuh jasa pembuatan website? klik GarudaCode

Plugin Views Counter Tidak Berfungsi Ketika Plugin Cache Aktif? Baca Ini!

Plugin Views Counter Tidak Berfungsi Ketika Plugin Cache Aktif? Baca Ini!

Selamat gini hari rekan-rekan, postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan “Cara Memasang Views Counter WordPress di Postingan Website”. Tapi ini lebih ke penyelesaian masalah yang terjadi karena konflik antar plugin. Konflik yang dimaksud di sini adalah antara plugin cache WordPress, bisa W3 Total Cache atau WP Super Cache plugin atau plugin cache yang lainnya diaktifkan dengan plugin views counter.

Jika Anda mengaktifkan plugin cache biasanya penghitungan pengunjung pada postingan kita akan berhenti bekerja. Sebenarnya singkat saja, semoga ini bisa membantu bagi para pembuat website atau blogger dengan platform WordPress agar tidak kebingungan ketika plugin views counter mereka tidak jalan.

Perlu dipahami ketika menginstall plugin, pasang dan aktifkanlah hanya plugin yang Anda butuhkan saja. Jika Anda tidak membutuhkan sebuah plugin, langsung dinonaktifkan saja dan dihapus secara permanen sekalian. Saya pernah menemukan admin website berbasis WordPress yang menyimpan banyak sekali plugin dan theme di CMS padahal untuk theme yang digunakan hanya satu, dan plugin hanya beberapa saja, sedangkan yang lainnya tidak aktif. Hal ini menurut Saya merupakan perlakuan yang buruk jika kita ditugaskan merawat atau maintenance sebuah website. Selain memberatkan dan memakan kapasitas hosting, yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya konflik antar plugin.

Pasang dan aktifkanlah hanya plugin yang Anda butuhkan saja.

Patut diketahui bahwa tidak semua plugin bisa bekerja normal dan semestinya. Terkadang antar plugin bisa terjadi konflik karena perbedaan bahasa maupun logika pemrograman yang dibangun sang developer. Nah sebagai orang yang dimudahkan oleh para developer yang baik hati memberikan plugin secara gratis, kita jangan menggunakannya secara serampangan. Bijaklah menggunakan plugin-plugin tersebut dan yang terpenting kita harus pintar memilah agar antara satu plugin dengan plugin yang lain tidak saling bentrok.

Jika plugin sudah bentrok, maka sudah dipastikan website Anda akan down, dan Anda akan kelimpungan. Hehe.

Back to topic. Solusinya ada pada penggunaan bahasa program untuk menjalankan plugin views counter. Pengaturan ini sebenarnya sangat mudah, tapi sangat sering terlewat sehingga para pembuat website bingung bagaimana cara menjalankan view count ketika plugin cache diaktifkan. Caranya cukup dengan merubah tipe bahasa dari PHP ke JavaScript. Penggunaan bahasa PHP ini yang menyebabkan terjadinya konflik plugin views counter dengan plugin cache. Setelah Anda ubah setingan pengambilan data view count dari PHP ke Javascript, maka views counter akan berjalan normal menghitung jumlah kunjungan ke postingan Anda dan tentu saja plugin cache kita tetap aktif. Saya merekomendasikan plugin “Post Views Counter” dari dFactory dan ulasannya bisa Anda lihat di postingan Saya pada link di paragraph pertama.

Plugin Views Counter Tidak Berfungsi Ketika Plugin Cache Aktif Ini Solusinya!

Semoga bermanfaat dan silahkan dishare :)

dishare yah :)
Written by Ananda Puja

Penulis saat ini aktif dalam dunia Digital Media. Meliputi pembuatan website, campaign melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga forum-forum online, SEO dan kontrol terhadap berita media massa. Selain itu penulis juga aktif di organisasi kemahasiswaan dan pemuda.

1 Comment

  1. Nur kholis · November 7, 2016

    Turut menginformasikan 😀
    Plugin Quick AdSense tidak bekerja (error) jika plugin wordfence security status aktif.
    Di rekomendasikan plugin wordfence di non-aktifkan terlebih dahulu jika ingin setting Quick AdSense.

    Plugin WPtouch juga akan bermasalah jika plugin clear chace status aktif.
    Semoga bermanfaat.

    Salam,
    Nur kholis.

Leave A Reply