twitterfacebookgoogleyoutubemail
PENAWARAN
butuh jasa pembuatan website? klik GarudaCode

Dua Cara Memasang Tombol Reaksi Artikel pada WordPress

Dua Cara Memasang Tombol Reaksi Artikel pada WordPress

Selamat gini hari rekan-rekan …

Hari ini kita akan membahas tentang memasang emoticon-emoticon reaksi pada artikel yang kita posting di situs berbasis CMS WordPress.

Artikel dengan adanya tombol reaksi saat ini sedang ngetrend terlebih karena digunakan oleh dua raksasa portal berita online di Indonesia yaitu, detik.com dan kompas.com. Kedua media digital itu memasang tombol reaksi artikel di akhir konten tulisan berita agar pembaca bisa ikut berkontribusi bagaimana perasaan mereka setelah membaca artikel atau berita yang disuguhkan.

Kegunaan lain, tentu saja, adanya tombol reaksi tulisan pada setiap artikel kita akan menarik perasaan pembaca lebih dalam karena pembaca akan menganggap mereka penting bagi kita pemilik situs.

Nah bagi para pecinta WordPress tenang saja, saat ini sudah ada cara untuk memasang tombol reaksi artikel pada CMS kesayangan kita ini. Di sini Saya akan memberika dua cara, dan silahkan dipilih salah satu.

CARA PERTAMA

Cara yang pertama yaitu kita memasang tombol like reaction seperti yang ada di postingan-postingan status kita Facebook saat ini, menggunakan DW Reactions, caranya seperti ini :

  1. Download plugin DW Reactions di sini dan aktifkan.
  2. Visit Dashboard > Settings > Reactions dan lakukan pengaturan.
  3. Ada dua cara pemasangan, secara otomatis dan secara manual, jika Anda mengerti sedikit tentang koding PHP bisa menggunakan cara manual karena bisa lebih fleksibel dalam penempatannya, jika tidak, pakai cara otomatis saja, saya jamin sudah sangat memenuhi keinginan Anda, hehe.
  4. Untuk pengaturan otomatis, saya set seperti gambar di bawah ini, yang berarti :
    1. Menampilkan tombol reaksi
    2. Menampilkan penghitungan setiap pembaca yang memberikan reaksi sesuai dengan reaksi yang mereka pilih
    3. Tombol reaksi hanya tampil setelah artikel. Anda juga bisa memilih memasang tombol reaksi artikel di atas, atau bahkan di atas dan di bawah artikel.
    4. Saya hanya membuat tombol facebook reaction ini tampil di jenis tulisan post saja, sedangkan di kategori, home, dan page tidak saya tampilkan karena memang sepertinya etika pemasangannya hanya dibagian post saja. Tapi silahkan set suka-suka Anda.
  5. Jangan lupa klik SAVE CHANGES ketika selesai melakukan pengaturan, dan lihat sendiri hasilnya.

memasang facebook like reactions-button-tombol-reaksi artikel pada wordpress

CARA KEDUA

Nah, cara kedua yang Saya rasa cocok dengan pilihan Saya. Cara kedua ini menggunakan plugin dengan nama Vicomi Feelbacks. Langsung saja praktekkan cara-cara berikut ini.

reaksi-artikel-di-wordpress

  1. Download plugin Vicomi Feelbacks dan aktifkan.
  2. Lakukan pengaturan di DASHBOARD > SETTINGS > VICOMI > Lakukan register account di VICOMI dan hubungkan akun di VICOMI dengan website Anda.
  3. Done, silahkan lihat sudah ada emoticon2 lucu di bawah artikel Anda. Namun, kekurangannya adalah, akan ada copyrights dari vicomi di bagian bawah icon-icon lucu tersebut. Tapi menurut Saya tidak apa-apa, lagian kita kan menggunakan script dan layanan mereka secara free. Itung-itung share traffic, mereka dapat pahala, kita juga dapat pahala, hehe.
  4. Note : Sebenarnya emoticon reaksi artikel di wordpress dengan cara yang kedua ini bisa dilakukan tanpa menggunakan plugin, namun Anda harus memiliki minimal sedikit ilmu coding untuk mengetahui tata peletakan source code yang akan diambil dari situs vicomi.com, karena website berbasis WordPress biasanya memiliki struktur themes dan bahasa yang berbeda-beda antara satu pengembang dengan pengembang yang lain.
[caption id="attachment_635" align="alignnone" width="800"]souce-code-manual-reaksi-artikel-wordpress Contoh source code jika Anda ingin menggunakan script Vicomi tanpa melakukan instalasi plugin. Tapi tetap harus signup di situs resminya vicomi.com[/caption]

Jika ada yang kurang paham baik cara pertama atau kedua silahkan tuliskan di kolom komenter. Dan jangan lupa share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Terimakasih.

dishare yah :)
Written by Ananda Puja

Penulis saat ini aktif dalam dunia Digital Media. Meliputi pembuatan website, campaign melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga forum-forum online, SEO dan kontrol terhadap berita media massa. Selain itu penulis juga aktif di organisasi kemahasiswaan dan pemuda.

17 Comments

  1. Nubi banget · September 20, 2016

    Woow trm ksh infonya gan.. langsung menuju TKP.

  2. Annisa Siregar · October 31, 2016

    Kalau pada setting di dashboard tidak ada setting reactions bagaimana? Mohon bantuannya ya 😉

  3. Nur kholis · November 7, 2016

    Kalau sudah di terapkan di WordPress Page load speed nya ngaruh gak mas?

    Salam,
    Nur kholis

  4. goalbook · November 13, 2016

    itu scriptnya tarok bagian mana ya bro ??

  5. Pena · December 6, 2016

    Gan ijin bertanya.

    Tema halaman blog ini pake child theme, starter theme, or framework?

    Terimakasih

  6. mia · March 28, 2017

    Mas.. mau tanya… plugin share yg mas pakai apa yah.. yg ada share whatsapp sama line nya juga.. saya gak ketemu nih plugin apa yg mesti dipakai. Yg saya pakai skrg cuma ada fb. Wa. Pinterest sm twitter. Dibalas yaa..

  7. kenedy · August 2, 2017

    saya udah coba mas vicomi feedback tpi cuman loading terusssss yaaaa kenapa ya mas

  8. Yunus · February 24, 2018

    cara buat kolom komentar kyk blog ini gimana ya ?

Leave A Reply