twitterfacebookgoogleyoutubemail
PENAWARAN
butuh jasa pembuatan website? klik GarudaCode

Memenuhi Keinginan Klien, Mengeksplorasi User Role Editor WordPress Sesuka Hati

Memenuhi Keinginan Klien, Mengeksplorasi User Role Editor WordPress Sesuka Hati

Selamat gini hari kawan-kawan.

Kita akan membahas bagaimana caranya mengatur mulai dari mengedit, menambahkan hingga menghapus user role pada CMS WordPress. Biasanya situs berbasis wordpress memiliki lima kategori user dengan kemampuan yang berbeda-beda mulai dari administrator yang memiliki akses dan kemampuan paling utama hingga ke level subscriber pada tingkatan paling bawah.

Saya ketika mendevelop sebuah portal berita, klien pernah meminta agar nama-nama dan jenis user disesuaikan dengan nama-nama bidang pada kantor redaksi mereka. Misalnya ada role yang bernama Pimpinan Redaksi, Redaktur, hingga Reporter. Tentu saja, Saya harus memenuhi keinginan klien tersebut. Dan akhirnya Saya menggunakan sebuah plugin yang menurut Saya cukup multifungsi dalam menangani kustomisasi user role pada WordPress.

Langsung saja, jika kawan-kawan ingin mengedit nama role user misalnya ingin mengganti administrator menjadi Pimpinan Redaksi, kemudian editor menjadi Redatur, contributor menjadi Reporter, dan mengatur apa saja kemampuan yang dimiliki masing-masing jenis atau kategori user role sesuai yang kita inginkan, mari ikuti langkah berikut. No coding needs! Silahkan berimprovisasi dan gunakan sesuai kebutuhan Anda sebagai seorang website developer yang mengetahui keinginan klien.

User Role Editor WordPress

  1. Download,install, dan aktifkan plugin User Role Editor. Plugin ini cukup populer karena sudah diunduh lebih dari 400K pengguna engine WordPress.
  2. Hover (taruh) kursor Anda pada menu User di dashboard, tidak usah diklik, dan pilih menu User Role Editor. Dashboard > Users > User Role Editor.

    [caption id="attachment_642" align="alignnone" width="300"]menu users user role editor wordpress Dashboard > Users > User Role Editor[/caption]

  3. Pilih jenis User Role yang akan direname atau diedit namanya dan diedit kemampuannya dalam mengelola backend WordPress sebagai sebuah admin.

    [caption id="attachment_644" align="alignnone" width="1024"] pilih nama user role yang ingin Anda edit, ubah nama, edit kemampuan, atau hapus[/caption]

  4. Tentukan tindakan Anda apakah ingin mengubah nama, menambahkan nama dan role user baru, menambah kemampuan user role yang dipilih atau menghapusnya.

    [caption id="attachment_643" align="alignnone" width="267"] pilih salah satu pengaturan ini sesuai kebutuhan Anda[/caption]

  5. Akan ada banyak pilihan yang tentu Anda bisa atur sesukanya sendiri. Kemampuan atau kapabilitas sebuah akun pada level role tertentu meliputi banyak pengelolaan seperti mengelola post, tema pages, plugin, hingga woocommerce. Bisa Anda lihat pada sisi kiri.

    [caption id="attachment_645" align="alignnone" width="162"] pilih jenis kemampuan atau kapabilitas user role yang ingin diubah[/caption]

  6. Selanjutnya pada kolom yang ditengah Anda bisa lihat bahwa begitu banyak kapabilitas yang bisa Anda atur untuk diatribusi kepada user role tertentu.

    [caption id="attachment_647" align="alignnone" width="873"]user role editor wordpress sesuaikan kemampuan dan kapabilitas user pada role tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda ataupun klien[/caption]

  7. Jangan lupa klik UPDATE ketika sudah membuat perubahan.
  8. Setingan selanjutnya pada menu Dashboard > Settings > User Role Editor, silahkan diklik.
  9. Pada bagian ini Anda bisa mengatur setingan plugin tersebut, apakah kemampuan untuk level administrator akan ditampilkan pada menu pengeditan user atau tidak, dan pengaturan lainnya, silahkan disesuaikan.

    [caption id="attachment_649" align="alignnone" width="300"]user role editor wordpress silahkan menyesuaikan, jika tidak mengerti bisa mentranslate menggunakan google translate[/caption]

  10. Jangan lupa klik SAVE ketika selesai melakukan pengubahan pada user role editor wordpress.

Nah sekarang Anda bisa membuat role user dengan nama dan kemampuan mengelola dashboard WP sesuka yang Anda mau.

Untuk alasan keamanan, Saya sering mengurang kemampuan user role hanya cukup yang dibutuhkan klien saja. Misalnya user yang kita buatkan untuk klien hanya mampu melakukan post dan edit, selebihnya dihilangkan kemampuan tersebut. Kecuali jika memang klien menginginkan full akses maka plugin user role editor WordPress ini tidak kita butuhkan, hehe.

Selamat mencoba dan berkreasi, silahkan dishare jika dirasa bermanfaat.

dishare yah :)
Written by Ananda Puja

Penulis saat ini aktif dalam dunia Digital Media. Meliputi pembuatan website, campaign melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga forum-forum online, SEO dan kontrol terhadap berita media massa. Selain itu penulis juga aktif di organisasi kemahasiswaan dan pemuda.

Leave A Reply