twitterfacebookgoogleyoutubemail
PENAWARAN
butuh jasa pembuatan website? klik GarudaCode

Pengalaman Hosting Gratis Hingga Premium

Pengalaman Hosting Gratis Hingga Premium

Saya akan menceritakan pengalaman menggunakan hosting gratis, hingga akhirnya ketidakpuasan dan kebutuhan akan ilmu membuat Saya memutuskan membeli hosting premium berbayar dengan domain sendiri.

Pada tulisan ini Saya akan mengulas mengenai perbedaan antara memiliki website dengan hosting dan domain gratisan (blog gratis), memiliki domain sendiri tapi menggunakan hosting gratisan seperti idhostinger, dan terakhir mempunyai website dengan domain dan hosting sendiri (premium/ bayar).

Tentu perbedaan yang akan Saya sampaikan adalah menurut pengalaman pribadi Saya sendiri dan sedikit baca-baca di google.

Pertama kita harus set dulu cara berpikir. Zaman sekarang menuntuk setiap manusianya terkoneksi di dunia maya, jika tidak, ia akan ketinggalan informasi. Memiliki website berbentuk blog pribadi sudah bukan barang mewah dan harus dijangkau dengan harga yang mahal.

Berikut ulasan singkatnya.

Domain dan Hosting Gratisan

Kita mengenal dua platform terbesar yang paling banyak digunakan para blogger dalam beraktifitas di dunia maya. Blogspot dan Wordpress! Keduanya merupakan penyedia layanan blog gratis, sehingga setiap orang bisa memiliki halaman pribadi di dunia maya.

Menggunakan dua platform blog ini sebagai sebuah website pribadi menurut Saya tidak memuaskan. Sangat tidak memuaskan. Domain (nama kita) akan ditambah imbuhan domain platform tersebut di belakangnya. Menurut Saya hal ini sangat tidak eksklusif. Selain tidak eksklusif, menggunakan blogspot dan wordpress gratisan sangat tidak customizable, artinya tidak bisa di edit semau kita sendiri.

Terutama wordpress, wordpress gratisan hanya menyediakan themes seadanya dengan fungsi dan fitur yang sangat kurang jika si pemilik ingin melakukan eksplorasi di websitenya.

Domain Berbayar & Hosting Gratisan (IdHostinger)

Jika Anda sudah memiliki domain yang berbayar (.com mu sendiri, tanpa embel-embel wordpress, atau blogspot, atau domain lain di belakangnya) menurut Saya sudah sangat bagus. Tapi seperti diketahui, domain website tidak akan bisa diakses jika tidak memiliki hosting sebagai tempat penyimpanan file yang akan di index ketika pengunjung mengakses url domain yang kita miliki.

Banyak blogger atau developer website (terutama pemula) memilih menggunakan hosting gratisan sebagai “teman” domain yang telah dibeli (termasuk Saya). Hal ini tidak salah 100%, tapi menurut Saya menggunakan hosting gratisan seperti yang disediakan IdHostinger agak kurang bagus. Pengalaman Saya beberapa kali mencoba menggunakan IdHostinger malah membuat website Saya eror dan diarahkan ke page 404 milik si empunya server (tanpa Saya tahu sebab musababnya). Akhirnya setelah beberapa kali kejadian serupa terulang di website yang berbeda ketika menggunakan hosting gratisan tersebut, Saya pun pasrah dan menyerah, kemudian sampai sekarang melupakan jasa idhostinger untuk pemakaian hanya beberapa minggu, hehe.

Domain & Hosting Berbayar

Pengalaman Hosting Gratis Hingga Premium RumahWeb

Setelah mencoba blog gratisan, terus hosting gratisan, dan akhirnya Saya memutuskan untuk memiliki domain dan hosting yang berbayar. Mahal? Saya rasa tidak. Banyak penyedia web hosting yang murah dan dengan kemampuan hosting luar biasa. Saya sendiri memilih rumah web dan master web (itu juga dulu) sebagai tempat berlangganan hosting.

Pengalaman Hosting Gratis Hingga Premium MasterWeb

Menggunakan hosting dan domain berbayar merupakan kepuasan tersendiri. Ibarat punya rumah, rumah yang kita tempat adalah milik kita sendiri, bukan menyewa dan bukan pula menumpang pada orang tua. Rumah kita ini bebas kita modifikasi dan kita apa-apakan sendiri sesuka hati.

Terutama pengguna wordpress, menggunakan wordpress CMS dari wordpress.org yang di install di hosting berbayar milik kita, akan membuat website yang dibuat menjadi sangat fleksibel dan customizable. Instalasi theme dan plugin bisa sebebas-bebasnya (jangan kebanyakan install theme, cukup satu, dan plugin seperlu dan sepentingnya saja) jika eror tanggung sendiri. Hehe…

Saran Saya untuk para pemula (termasuk Saya) hehe lebih baik langsung membeli dan belajar dari hosting dan domain berbayar. Sangat murah dan sangat terjangkau dengan manfaat yang sangat banyak. Tidak lebih dari 300 ribu rupiah (sudah banyak penyedia layanan domain dan hosting dengan paket murah itu, silahkan googling sendiri) Anda akan bisa sebebasnya berkreasi dengan website Anda sendiri, dan lebih prestise tentunya.

Ada pertanyaan, atau lebih tepatnya pernyataan,

“lebih baik belajar menggunakan yang gratisan aja dulu”.

Tapi menurut Saya jika terlalu enak menggunakan yang gratisan, kita cenderung malas untuk beralih (dan ilmu tidak bertambah), apalagi jika database sudah banyak, dan harus ekspor sana impor sini. Mumpung fitur-fitur CMS open source berbasis blog tidak berbeda jauh dengan yang gratisannya, lebih baik langsung menggunakan hosting yang premium, dan jadikan hosting tersebut tempat belajar, kita akan jauh lebih cepat maju dibanding yang lainnya. Hosting premium memaksa kita mempelajari cPanel, DNS, File Manager, Sub dan Addon domain, dan banyak lagi, apalagi untuk mereka yang menguasai linux dan bahasa pemrograman seperti PHP, ASP dll akan sangat membutuhkan fleksibilitas hosting dalam membangun CMS/ Framework sendiri.

So, keluarkanlah sedikit modal untuk keuntungan yang tidak terbatas! Lebih cepat memulai akan lebih cepat pula sampai (mahir). Ingat bahwa perjalanan menuju puncak dimulai dari satu langkah. Terimakasih telah membaca.

dishare yah :)
Written by Ananda Puja

Penulis saat ini aktif dalam dunia Digital Media. Meliputi pembuatan website, campaign melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga forum-forum online, SEO dan kontrol terhadap berita media massa. Selain itu penulis juga aktif di organisasi kemahasiswaan dan pemuda.

24 Comments

  1. Jefry Dewangga · May 3, 2015

    😀 Hehehe perjuangan memang dari yang dasar menjadi sekarang, kisah saya juga hampir sama seperti sampean mas. Pernah coba sana sini, sampe dikecewain gara-gara yang gratis2 itu.

    • Ananda Puja · May 3, 2015

      haha… saya cuma sekali dikecewain yg gratis, abis itu kapok abis mas

  2. dhen · June 9, 2015

    Rekomendasikan ding hosting lokal, bingung …email ya dbhaghoz@gmail.com

    Tmks

    • Ananda Puja · June 10, 2015

      di sini aja mas hehe, Saya rekomendasikan tiga, Jagoan Hosting, Rumah Web, dan Master Web untuk hosting lokal… Master Web harga murah, kualitas bagus, tapi pelayanan CS dan penanganan masalah lambat. Rumah Web harganya di atas Master Web, sedangkan penanganan masalah dan respon CS nya lumayan cepat. Jagoan Hosting harganya lebih mahal di banding kedua hosting sebelumnya, tapi CS dan penanganan masalahnya super cepat dan ramah-ramah. Silahkan pilih, mereka semua profesional dibidangnya. 😀

  3. Sugi Tokosugi.com · October 7, 2015

    Emg bener.. Lebih bagus Pake domain dan hosting berbayar. Lebih bnyk keuntungannya menurutku.
    AQ mulai berganti ke hosting berbayar tahun 2012 sampai dengan hari ini. Dan alhamdulillah kini websiteku : http://Tokosugi.com sudah bisa menghasilkan uang dari internet.
    Dengan menggunakan hosting berbayar, kita juga bisa membuat subdomain di domain utama. Contohnya : http://Digitalshop.tokosugi.com
    yg saya pakai untuk Bisnis affiliasi produk digital Indonesia.
    Untuk rekomendasi hosting : cloudkilat.com , rumahhosting.com.
    Jadi menurutku dari segi apapun lebih menguntungkan menggunakan domain Dan hosting berbayar

  4. Joko Warino · January 1, 2016

    Mungkin untuk sebagian besar pemula tidak memiliki modal untuk membeli hosting dan domain. Namun tidak sedikit juga yg sukses dari web gratisan. Jd menurut daya gak masalah mau mulaj dari mana yg gratisan atau yg bayar.

  5. Sanderking · February 13, 2016

    Kalau untuk ecommerce tahap pemula, berapa ya kuota hosting yang layak kita sewa? Seperti untuk http://www.sanderking.com

  6. Harga Helm Terbaru dan Termurah · February 27, 2016

    hosting terbaik di indonesia apa ya mas?

  7. Afrid Fransisco · August 13, 2016

    pengalaman yg memberikan masukan bagi saya. karena saat ini lagi galau memilih hosting. he he 😉

    thanks buat artikelnya ya mas 😉

  8. KomentarMu · April 13, 2017

    mas ananda, apakah skarang masih pake hosting rumahweb? bagus dan stabil gak sampe sekarang?

  9. Rahmawan · April 22, 2017

    Info menarik dan pengalaman juga seperti itu mas nanda. hihi.
    Yang menariknya lagi juga hosting yang dulu bagus sekarang belum tentu bagus, begitu sebaliknya.

  10. Angga · June 20, 2017

    Kalo niagahoster udah pernah cobain belum gan? Satu perusahaan juga sama idhostinger. Banyak yang rekomendasiin kalo hosting disana bagus. Temenku juga bilang kalo niagahoster recommended banget

    • Ananda Puja · July 18, 2017

      Iya gans, niagahoster juga bagus kok. Ane udah pake juga, kayaknya jadi pesain berbahaya dari hosting provider lain ni niagahoster, berani ngasi unlimited dengan harga terjangkau.

  11. Jasa Toko Online · July 24, 2017

    Kalo mau nyari jasa hosting ya emang harus dicek lagi kualitas hostingannya terjamin nggak. Contoh aja kalo mau bikin toko online juga gabisa ngasal, harus nyari jasa yang terpercaya dan terjamin pembuatannya jadi si klien nggak ngerasa dirugiin.

  12. Yusuf Noer Arifin · July 30, 2017

    Saya lagi bingung nih mas, kalau PV dan visitor itu harus diperhatikan nggak sih dalam memilih jenis hosting?

  13. David · October 1, 2017

    Mantap ulasanya.saya dulu pernah pake yg gratis,lama ga di jenguk.trus skrng pake yg berbayar. Tpi kebanyakan instal theme jdi error 500.
    Jadi pingin beli theme yg cocok.

Leave A Reply